Bulan Sya’ban termasuk salah satu bulan yang agung dalam pandangan
syara’. Rasulullah Saw memuliakan bulan Sya’ban dengan menambah
aktivitas ibadah. Sehingga menambah ibadah pada bulan Sya’ban sangat
dianjurkan sebagaimana diterangkan dalam hadits shahih. Apabila pada
hari-hari bulan Sya’ban dianjurkan meningkatkan aktivitas ibadah dan
kebajikan, maka pada malam Nishfu Sya’ban lebih dianjurkan lagi karena
terdapat banyak hadits yang diriwayatkan dari Nabi Saw tentang keutamaan
malam Nishfu Sya’ban melebihi hari-hari yang lain pada bulan yang sama.
Hadits-hadits tersebut diriwayatkan dari Abdullah bin Amr, Mu’adz bin
Jabal, Abu Hurairah, Abu Tsa’labah, Auf bin Malik, Abu Bakar al-Shiddiq,
Abu Musa dan Aisyah radhiyallahu ‘anhum.
Hadits Pertama
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ
عَمْرٍو عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : يَطَّلِعُ
اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلىَ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ
لِعِبَادِهِ إِلاَّ لاِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ . أخرجه أحمد
“Dari Abdullah bin Amr, dari Rasulullah SAW bersabda: “Allah SWT
melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, lalu memberikan
ampunan kepada hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yang tidak diampuninya,
yaitu orang yang bermusuhan dan pembunuh orang.” (HR. Ahmad dalam
al-Musnad [2/176] dengan sanad yang lemah, sebagaimana dapat dilihat
dalam al-Targhib wa al-Tarhib [3/284] dan Majma’ al-Zawaid [8/65]).
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : يَطَّلِعُ اللهُ إِلَى
خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ
إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ . أخرجه ابن حبان في صحيحه والطبراني،
وأبو نعيم في الحلية.
“Dari Mu’adz bin Jabal, dari Rasulullah Saw bersabda: “Allah Swt
melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, lalu memberikan
ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang
menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.” (HR. Ibn Hibban dalam
Shahih-nya [12/481], al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir [20/109] dan
al-Mu’jam al-Ausath, dan Abu Nu’aim dalam Hilyah al-Auliya’ [5/195],
semuanya dari jalur Makhul, dari Malik bin Yukhamir dari Mu’adz secara
marfu’. Al-Hafizh al-Haitsami berkata dalam Majma’ al-Zawaid [8/65],
“Hadits tersebut diriwayatkan oleh al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir
dan al-Mu’jam al-Ausath, dan para perawinya dapat dipercaya”. Malik bin
Yukhamir seorang perawi tsiqah dan mukhadhram (generasi tabi’in yang
mengikuti masa Jahiliyah), sedangkan Makhul pernah menjumpainya,
sehingga hadits ini tidak mengalami keterputusan (inqitha’), sebagaimana
asumsi sebagian kalangan. Kesimpulannya, Ibnu Hibban sangat tepat dalam
menilai shahih hadits tersebut.
Hadits di atas juga diriwayatkan dari jalur Abu Hurairah oleh
al-Bazzar dalam Musnad-nya [2/436], jalur Abu Tsa’labah al-Khusyani
oleh al-Thabarani [Majma’ al-Zawaid 8/65] dan Ibnu Abi Ashim dalam
al-Sunnah [1/223], jalur Auf bin Malik oleh al-Bazzar [2/463], jalur Abu Bakar al-Shiddiq oleh Ibnu Khuzaimah dalam al-Tauhid [no. 90]
dan Ibnu Abi Ashim [no. 509], jalur Abu Musa oleh Ibnu Majah [1/446]
dan al-Lalaka’i [no. 763] dan jalur Aisyah oleh Ahmad [6/238],
al-Tirmidzi [3/107] dan Ibnu Majah [1/445].
Kesimpulan dari riwayat-riwayat tersebut adalah menetapkan keutamaan
malam Nishfu Sya’ban secara khusus, dan salah satu dari riwayat di atas
telah dishahihkan oleh Ibnu Hibban. Bahkan al-Albani – ulama
Salafi-Wahabi -, juga menilainya shahih dalam Silsilah al-Ahadits
al-Shahihah [1144], dalam Shahih Sunan Ibn Majah [1/233] dan dalam
ta’liq terhadap kitab al-Sunnah karya Ibnu Abi Ashim [no. 509, 510, 511
dan 512). Riwayat yang shahih ini, sekaligus menaikkan riwayat-riwayat
lainnya yang dianggap dha’if menjadi hasan lighairihi sebagaimana telah
menjadi ketetapan dalam ilmu hadits.
Oleh karena keutamaan malam Nishfu Sya’ban memiliki dasar yang sangat
kuat, umat Islam sejak generasi salaf banyak yang menghidupkannya dengan
aneka ragam ibadah seperti shalat, doa dan lain-lain. Syaikh Ibnu
Taimiyah, ulama panutan utama kaum Salafi-Wahabi berkata dalam fatwanya:
وَقَدْ سُئِلَ ابْنُ
تَيْمِيَّةَ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى عَنْ صَلاَةِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ
شَعْبَانَ فَأَجَابَ : إِذَا صَلَّى اْلإِنْسَانُ لَيْلَةَ النِّصْفِ وَحْدَهُ
أَوْ فِيْ جَمَاعَةٍ خَاصَّةٍ كَمَا كَانَ يَفْعَلُ طَوَائِفُ مِنَ السَّلَفِ
فَهُوَ حَسَنٌ. وَقَالَ فِيْ مَوْضِعٍ آخَرَ : وَأَمَّا لَيْلَةُ النِّصْفِ فَقَدْ
رُوِيَ فِيْ فَضْلِهَا أَحَادِيْثُ وَآَثاَرٌ وَنُقِلَ عَنْ طَائِفَةٍ مِنَ
السَّلَفِ أَنَّهُمْ كَانُوْا يُصَلُّوْنَ فِيْهَا فَصَلاَةُ الرَّجُلِ فِيْهَا
وَحْدَهُ قَدْ تَقَدَّمَهُ فِيْهِ سَلَفٌ وَلَهُ فِيْهِ حُجَّةٌ فَلَا يُنْكَرُ
مِثْلُ هَذَا.
“Ibnu Taimiyah ditanya tentang shalat malam Nishfu Sya’ban, maka ia
menjawab: “Apabila seseorang menunaikan shalat pada malam Nishfu
Sya’ban, sendirian atau bersama jamaah tertentu sebagaimana dikerjakan
oleh banyak kelompok kaum salaf, maka hal itu baik.” Di tempat lain,
Ibnu Taimiyah juga berkata: “Adapun malam Nishfu Sya’ban, telah
diriwayatkan banyak hadits dan atsar tentang keutamaannya dan telah
dikutip dari sekelompok kaum salaf bahwa mereka menunaikan shalat pada
malam itu. Jadi shalat yang dilakukan oleh seseorang sendirinya pada
malam tersebut, telah dilakukan sebelumnya oleh kaum salaf dan ia
mempunya hujjah, oleh karena itu hal seperti ini tidak boleh diingkari.”
(Majma’ Fatawa Ibni Taimiyah [3/131-132].
Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali, salah seorang murid Ibnu Taimiyah,
juga berkata dalam kitabnya Lathaif al-Ma’arif sebagai berikut:
وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ
شَعْبَانَ كَانَ التَّابِعُوْنَ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ يُعَظِّمُوْنَهَا
وَيَجْتَهِدُوْنَ فِيْهَا فِي الْعِبَادَةِ، وَكَانَ خَالِدُ بْنِ مَعْدَانَ
وَلُقْمَانُ بْنِ عَامِرٍ وَغَيْرُهُمَا مِنْ تَابِعِي الشَّامِ يَقُوْمُوْنَ فِي
الْمَسْجِدِ لَيْلَةَ النِّصْفِ، وَوَافَقَهُمُ اْلإِمَامُ إِسْحَاقُ ابْنُ
رَاَهَوْيه عَلىَ ذَلِكَ، وَقَالَ فِيْ قِيَامِهَا فِي الْمَسَاجِدِ جَمَاعَةً :
لَيْسَ ذَلِكَ بِبِدْعَةٍ . انتهى باختصار وتصرف .
“Malam Nishfu Sya’ban, kaum Tabi’in dari penduduk Syam
mengagungkannya dan bersungguh-sungguh menunaikan ibadah pada malam
tersebut. Khalid bin Ma’dan, Luqman bin Amir dan lain-lain dari kalangan
tabi’in Syam mendirikan shalat di dalam Masjid pada malam Nishfu
Sya’ban. Perbuatan mereka disetujui oleh al-Imam Ishaq Ibnu Rahawaih.
Ibnu Rahawaih berkata mengenai shalat sunnah pada malam Nishfu Sya’ban
di masjid-masjid secara berjamaah: “Hal tersebut tidak termasuk bid’ah.”
(al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif [h. 263] dengan
disederhanakan).
Walhasil, keutamaan malam Nishfu Sya’ban memiliki dasar
hadits-hadits yang shahih. Menghidupkan malam tersebut dengan aneka
ragam ibadah sunnah telah dianjurkan oleh banyak ulama salaf, untuk
mengharapkan rahmat Allah yang turun pada malam utama tersebut.
Lebih-lebih malam Nishfu Sya’ban termasuk salah satu malam yang
dipermudah terkabulnya doa. Al-Imam al-Syafi’i berkata dalam kitab
al-Umm sebagai berikut:
قال
الشَّافِعِيُّ ) وَبَلَغَنَا أَنَّهُ كان يُقَالُ إنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ في خَمْسِ
لَيَالٍ في لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ وَأَوَّلِ
لَيْلَةٍ من رَجَبٍ وَلَيْلَةِ النِّصْفِ من شَعْبَانَ
Al-Syafi’i berkata: “Telah sampai kepada kami bahwasanya selalu
dikatakan bahwa permohonan akan dikabulkan dalam lima malam, yaitu malam
Jum’at, malam hari raya idul adha, malam hari raya idul fitri, awal
malam di bulan Rajab dan malam Nishfu Sya’ban.” (Al-Imam al-Syafi’i,
al-Umm [1/231]).
Berdasarkan keterangan di atas, kita jumpai kaum Muslimin sejak
masa-masa yang silam menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan aneka
ragam ibadah dan kebajikan seperti bersedekah, mengerjakan shalat sunnah
secara berjamaah, membaca surat Yasin dan diakhiri dengan doa kepada
Allah Swt. Wallahu a’lam.
Syaikh Ali Jum'ah ditanya:
Mohon penjelasan mengenai beberapa permasalahan berikut ini:
1. Sejak lama kami selalu mengadakan acara peringatan malam Nisfu Sya’ban. Dalam acara itu seluruh penduduk desa –baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil— berkumpul di masjid untuk melaksanakan salat Magrib. Setelah salat, kami membaca surat Yâsîn sebanyak tiga kali. Setiap kali selesai membaca surat Yâsîn kami berdoa dengan doa-doa yang disebutkan dalam Alquran yang berisi doa untuk Islam dan kaum muslimin. Dahulu, kami membaca doa khusus malam Nisfu Sya’ban secara bersama-sama dan bersuara keras. Tapi sekarang kami menggantinya dengan doa dari Alquran. Apakah kegiatan memperingati Nisfu Sya’ban dengan cara yang kami lakukan itu adalah dibolehkan?
2. Kami juga mengadakan peringatan hari-hari besar Islam lain, seperti peringatan Lailatul Qadr, Isra` dan Mi’raj, maulid Nabi Saw dan lain sebagainya. Dalam acara itu kami mengundang beberapa orang ulama untuk memberikan ceramah dan nasehat berkaitan dengan peristiwa itu. Acara itu juga dimeriahkan dengan perlombaan-perlombaan dan pembacaan doa-doa yang disiarkan dengan alat pengeras dari masjid. Masjid yang digunakan sebagai tempat acara peringatan itu dihiasi dengan berbagai macam dekorasi dan lampu-lampu hias. Kami juga kadang merekam acara itu dengan kamera video. Para ulama yang hadir dalam acara itu menempati tempat khusus yang menghadap ke arah para hadirin. Para penghafal Alquran dan pengurus masjid yang rajin diberi penghargaan. Dalam acara itu para hadirin diberi makanan dan minuman ringan. Apakah acara seperti ini dibolehkan dalam agama?
Jawaban Prof. Dr. Syaikh ‘Ali Jum’ah :
Pertama : Malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang penuh keberkahan. Keutamaan malam itu disebutkan dalam banyak hadis yang saling menguatkan.
Mengadakan peringatan dan menghidupkan malam Nisfu Sya’ban adalah amalan yang sesuai dengan tuntunan agama. Hadis-hadis tentang keutamaan malam tersebut tidak termasuk hadis-hadis yang sangat dha’if atau maudhu’.
Di antara hadis-hadis yang menyebutkan keutamaan malam Nisfu Sya’ban ini adalah:
Hadis Ummul Mukminin Aisyah ra, dia berkata, “Pada suatu malam, saya tidak mendapati Rasulullah Saw. Lalu saya keluar kamar untuk mencarinya. Akhirnya, saya mendapati beliau di pekuburan Baqi’ sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau lalu berkata, “Apakah kamu khawatir kalau Allah dan Rasul-Nya berbuat zalim terhadapmu?” Saya menjawab, “Mengapa saya bisa berpikir seperti itu? Saya hanya mengira bahwa engkau pergi ke salah satu istrimu.” Lalu beliau bersabda,
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻳَﻨْﺰِﻝُ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻴَﻐْﻔِﺮُ ﻷَﻛْﺜَﺮَ ﻣِﻦْ ﻋَﺪَﺩِ ﺷَﻌَﺮِ ﻏَﻨَﻢِ ﻛَﻠْﺐٍ
“Sesungguhnya rahmat Allah Subhanahu wa Ta’alaturun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya’ban dan mengampuni hamba-hamba-Nya lebih banyak dari jumlah bulu kambing pada kabilah Bani Kalb .” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).
Bani Kalb adalah kabilah yang terkenal mempunyai kambing paling banyak.
Dari Muadz bin Jabal Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻟَﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻓَﻘُﻮﻣُﻮﺍ ﻟَﻴْﻠَﻬَﺎ ﻭَﺻُﻮﻣُﻮﺍ ﻳَﻮْﻣَﻬَﺎ؛ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﻨْﺰِﻝُ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻟِﻐُﺮُﻭﺏِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﺇِﻟَﻰ ﺳَﻤَﺎﺀِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ : ﺃَﻻَ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﺘَﻐْﻔِﺮٍ ﻓَﺄَﻏْﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ؟ ﺃَﻻَ ﻣُﺴْﺘَﺮْﺯِﻕٌ ﻓَﺄَﺭْﺯُﻗَﻪُ ؟ ﺃَﻻَ ﻣُﺒْﺘَﻠًﻰ ﻓَﺄُﻋَﺎﻓِﻴَﻪُ ؟ ﺃَﻻَ ﻛَﺬَﺍ ﺃَﻻَ ﻛَﺬَﺍ … ؟ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﻄْﻠُﻊَ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮُ
“Jika datang malam Nisfu Sya’ban, maka laksanakanlah salat pada
malamnya dan berpuasalah pada siangnya. Karena sesungguhnya rahmat Allah
turun ke langit dunia ketika matahari tenggelam pada malam itu. Allah
berkata, “Adakah seseorang yang meminta ampunan sehingga Aku ampuni.
Adakah seseorang yang meminta rezeki sehingga Aku beri rezeki. Adakah
seseorang yang sakit sehingga Aku sembuhkan penyakitnya. Adakah orang
yang demikian? adakah orang yang demikian? Dan seterusnya hingga terbit
fajar.” (HR. Ibnu Majah).
Juga tidak apa-apa membaca surat Yâsîn sebanyak tiga kali setelah
salat Magrib dengan suara keras dan bersama-sama. Karena, hal itu masuk
dalam perintah menghidupkan malam Nisfu Sya’ban tersebut. Terdapat
kelapangan dalam tata cara berzikir. Mengkhususkan tempat atau waktu
tertentu untuk melakukan amalan ibadah secara terus menerus adalah
dibolehkan selama pelakunya tidak meyakini bahwa amalan tersebut adalah
wajib dan tidak boleh ditinggalkan.
Ibnu Hajar berkata, “Hadis ini, dengan berbagai jalur periwayatannya,
menunjukkan kebolehan mengkhususkan hari-hari tertentu untuk
melaksanakan amalan saleh secara terus menerus.”
Pendapat kedua menyatakan bahwa berkumpul di masjid pada malam Nisfu Sya’ban untuk melakukan salat, memberikan nasehat dan berdoa adalah perbuatan makruh. Tapi, jika seseorang melakukan salat secara sendiri maka tidak dimakruhkan. Ini adalah pendapat Awza’i, pemimpin ulama dan ahli fikih negeri Syam.
Dengan demikian, menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan cara yang
disebutkan dalam pertanyaan di atas adalah amalan yang disyariatkan,
bukan bid’ah ataupun makruh. Dengan catatan bahwa hal itu dilakukan
tanpa keyakinan bahwa hal itu wajib dilaksanakan. Jika kegiatan itu
dilakukan dengan memaksa orang lain untuk ikut melaksanakannya dan
menyalahkan mereka jika tidak mengikutinya, maka hal itu menjadi amalan
bid’ah karena telah mewajibkan sesuatu yang tidak diwajibkan oleh Allah
dan Rasul-Nya shollallahu ‘alaihi wasallam. Inilah sebab yang membuat
beberapa ulama salaf membenci (menganggap makruh) menghidupkan malam
Nisfu Sya’ban secara berjamaah. Jika tidak ada paksaan atau anggapan
kewajiban melaksanakannya, maka tidak apa-apa.
Kedua : memperingati hari-hari besar Islam lainnya adalah sesuatu yang baik selama tidak diikuti oleh perbuatan yang dilarang dalam agama. Karena, terdapat dalil dalam Alquran yang menyuruh agar kita mengingatkan orang-orang tentang hari-hari Allah. Allah berfirman: “Dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah .” (Ibrâhîm: 5).
Di dalam Sunnah juga terdapat anjuran untuk melakukan hal tersebut. Dalam Shahîh Muslim diriwayatkan bahwa Nabi Saw melakukan puasa pada hari Senin, dan beliau bersabda, “Itu adalah hari yang di dalamnya aku dilahirkan .”
Dalam hadis Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dia berkata,
“Sesungguhnya Rasulullah Saw ketika datang ke Madinah, menjumpai orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Maka beliau bertanya kepada mereka, “Hari apakah ini sehingga kalian berpuasa?” Mereka menjawab, “Ini adalah hari yang agung. Pada hari ini, Allah ‘Azza wa Jalla menyelamatkan Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir’aun dan kaumnya. Lalu Musa berpuasa pada hari itu sebagai rasa syukur kepada Allah. Maka kami pun berpuasa karenanya.” Rasulullah Saw pun bersabda, “Kalau demikian, maka kami lebih berhak dan utama untuk melaksanakannya daripada kalian.” Maka Nabi Saw pun berpuasa dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa.”
Dengan demikian, mengadakan perayaan hari-hari besar Islam seperti yang
digambarkan dalam pertanyaan di atas adalah perbuatan yang dianjurkan,
bukan bid’ah ataupun makruh. Justru itu adalah termasuk dalam
mengagungkan syiar-syiar agama. Allah berfirman, “Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (Al-Hajj: 32).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar